Hot News

You are here

Jahe Gajah

Kawan tentunya familiar dengan rempah berbentuk rimpang yang satu ini, bukan? Rempah dengan yang memiliki aroma dan rasa yang khas ini kerap dijadikan komponen penyedap untuk berbagai masakan dan penganan Indonesia. Namun selain itu, pemilik nama ilmiah Zingiber officinale ini memiliki segudang manfaat yang juga terkenal di kalangan penggiat obat-obatan tradisional. Salah satu khasiat jahe yang paling dikenal adalah peranannya dalam meredakan batuk.

• Jahe mengandung essential oils yang bermanfaat melancarkan metabolisme tubuh, memberikan rasa hangat dan melegakan tenggorokan, baik untuk obat batuk

• Secara farmakologi rimpang Jahe memiliki efek antitussive

Tiap sendok takar 15 ml HerbaKOF mengandung setidaknya 0,25 gram ekstrak jahe yang bisa membantu meredakan batuk sekaligus melegakan tenggorokan. Tapi tahukah anda apa yang membuat jahe bisa efektif memerangi rasa gatal di tenggorokan kala batuk melanda?

Rasa Pedas yang Melegakan

Tiap rimpang jahe memiliki minyak atsiri yang mengandung zat aktif zingeberin, kamfena, lemonin, zingiberen, zingiberal, gingeral, dan shogaol. Tentu saja zat-zat ini juga didampingi dengan kandungan lain seperti minyak damar, pati, asam organik, asam malat, asam aksolat, dan gingerin. Minyak atsiri inilah yang memberikan jahe rasa pedas dan khasiatnya yang sudah terkenal.

Di samping menghangatkan tubuh, jahe memiliki sifat ekspetoran atau dapat meluruhkan dahak dari saluran pernapasan sehingga mempercepat penyembuhan batuk dan melegakan pernapasan. Dengan keluarnya dahak, maka otomatis tenggorokan anda pun jadi tidak serak, kawan. Selain itu, rimpang jahe juga secara farmakologi memiliki sifat antitussive yang berarti jahe dapat menekan batuk dengan cara meningkatkan ambang batas rangsangan yang dibutuhkan untuk memicu pusat batuk. Sehingga tidak hanya batuk berdahak saja, jahe juga efektif untuk meredakan batuk kering atau batuk tidak berdahak.

Bukan hanya itu, rasa hangat yang didapat ketika mengkonsumsi jahe juga dapat meredakan tubuh yang menggigil akibat demam yang biasanya datang bersamaan dengan gejala pilek dan batuk, kawan. Dengan tubuh yang menghangat, tentunya batuk dan pilek pun akan lebih cepat hilang.

Jadi Tidak Mudah Sakit

Tidak hanya mengobati batuk, namun jahe juga bisa mencegah datangnya batuk, kawan. Kandungan antioksidan dan sifat antibakteri yang ada pada jahe dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dan mencegah bakteri ataupun faktor lain yang bisa menyebabkan batuk menjangkiti anda. Menurut studi yang dilakukan oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, Bogor, sebuah penelitian farmakologi menyatakan bahwa senyawa antioksidan alami dalam jahe cukup tinggi dan sangat efisien dalam menghambat radikal bebas superoksida dan hidroksil yang dihasilkan oleh sel-sel kanker, dan bersifat sebagai antikarsinogenik, non-toksik dan nonmutagenik pada konsentrasi tinggi.

Dengan sedemikian banyak kehebatan dan khasiat yang ada pada rimpang jahe, maka tidak heran kalau rempah yang masih tergolong rempa aromatik ini akhirnya menjadi salah satu bahan baku sirup obat batuk herbal HerbaKOF, kawan.

 

SIGN UP NEWSLETTER KAMI UNTUK MENDAPATKAN INFO DAN PROMO