Hot News

You are here

Legundi

Mungkin belum banyak orang yang pernah mendengar nama tanaman obat ini atau mungkin anda mengenalnya dengan nama lain, kawan. Semisalnya kalau anda terbiasa dengan bahasa Melayu, anda akan menyebutnya sebagai gendasari (Melayu), lilogundi (Palembang), langgundi (Minang), Lagundi (Sunda), Lengghundi (Madura), Galumi (sumbawa), sangari (bima), danuko (Kalimantan), lanra (Makasar), Lawasani, Pala (Bugis), Ai Tuban (Ambon), lagondi, legundi, langghundi (Jawa), galumi, sangari (Nusatenggara), dunuko, lanra, lawarani, rala, ai tuban (Sulawesi) dan seterusnya.

Sekilas, wujud tanaman satu ini memang mirip perdu atau bahkan tanaman liar. Dengan tinggi 2-5 meter, tanaman ini memiliki bunga berwarna putih keunguan, buah berwarna cokelat. Sementara untuk bijinya berwarna cokelat, memiliki rasa pahit, panas, dan menyengat. Tanaman ini bisa ditemukan di tanah berpasir, gersang hingga ketinggian 1000 mdpl. Kalau tidak dibudidayakan, tanaman ini juga cukup mudah untuk tumbuh liar.

Tapi jangan salah, kawan! Legundi punya banyak sekali manfaat kesehatan dan sudah cukup lama dimanfaatkan sebagai tanaman obat herbal. Diketahui kalau Legundi mengandung senyawa basa berupa viticine, vitexicarpin, flavonoida casticin, saponin, aucubin, agnosida, erostosida, vanillic acid, dan minyak atsiri sineol yang berguna untuk merilekskan otot-otot trakea serta melegakan pernapasan. Menurut para pengobat tradisional, flavonoid dalam daun legundi muda berkhasiat untuk mengatasi radang paru-paru.

Namun secara umum, daunnya sendiri berkhasiat sebagai ekspektoran (peluruh dahak), analgesik (pereda rasa sakit), antipiretik (penurun demam) dan peluruh air keringat. Khasiat-khasiat ini sangat efektif untuk memerangi batuk dan juga demam yang kadang juga datang berbarengan.

Karena khasiatnya inilah, pemilik nama latin Vitex trifolia L. ini dimanfaatkan dalam dunia medis. Sirup obat batuk herbal HerbaKOF adalah salah satu yang turut memanfaatkan tanaman perdu yang berkhasiat ini. Tiap sendok takar 15 ml, sirup obat batuk herbal HerbaKOF mengandung 1 gram esktrak daun legundi. Ekstrak ini tentu saja didapat melalui proses yang terjamin dan diawasi secara ketat, dengan teknologi advanced fractination sehingga tetap terjaga khasiat dan zat-zat aktif yang menjadikan daun ini efektif untuk membantu mengatasi gangguan pernapasan, kawan.

SIGN UP NEWSLETTER KAMI UNTUK MENDAPATKAN INFO DAN PROMO